oleh

Menag: Itjen “Bukan” Pengawas Tapi Pemandu

Bogor — Menteri Lukman Hakim Saifuddin menegaskan bahwa Inspektorat Jenderal (Itjen) “bukan” pengawas, tapi sebagai pemandu. Menurut Menag, Itjen sebagai bagian dari Kementerian Agama berfungsi sebagai pemandu bagi semua satuan kerja Kementerian Agama agar berjalan sesuai dengan tugas dan fungsi (tusi)nya masing-masing.

“Itjen itu sebagai teman yang berfungsi sebagai penolong dan pemandu,” ujar Menag Lukman ketika memberikan arahan pada pembukaan kegiatan Lokakarya Pengawasan (Lokwas) 2018 di Bogor, Senin (08/01).

Dalam Lokakarya yang dhadiri oleh para auditor Itjen Kemenag, Menag menyampaikan keinginannya untuk kembali meneguhkan, menanamkan kesadaran kepada setiap ASN Kemenag bahwa telah terjadi perubahan cara pandang terhadap Itjen. Menurut Menag, di masa lalu Itjen sebagai internal instansi pemerintah dipersepsikan sebagai watchdog. Akibatnya, sebagian kalangan melihat Itjen sebagai pihak yang ditakuti dan harus dihindari. Berurusan dengan Itjen adalah sesuatu yang tidak menyenangkan.

Akan tetapi, akhir-akhir ini telah terjadi pergeseran. “Saya berharap di tahun ini ada perubahan di internal Kemenag. Jika dulu berinteraksi dengan Itjen adalah sesuatu yang dihindari. Ini tahun baru, saya ingin ada perubahan, orang-orang itu mencari-cari itjen, rindu, butuh Itjen,” ujar Menag.

“Pergeseran cara pandang itu harus kita wujudkan, mindset kita harus diubah, kita “bukan” lagi pengawas tapi pemandu yang memberikan arah, bimbingan, panduan bagaimana program-program itu dilaksanakan, bagaimana pertanggungjawaban dari program-program tersebut,” tegas Menag.

Menag juga menegaskan bahwa Itjen menduduki posisi luar biasa, bukan sekedar dapur think thank tapi sebagai penjaga kualitas program Kementerian Agama. “Ibarat kapal besar Kemenag ini, saudara-saudara merupakan sebuah kelompok yang fungsinya luar biasa, yang dalam perusahaan besar semacam Quality Control,” ujar Menag.

Dalam kegiatan yang mengusung tema Meneguhkan Komitmen Pencegahan dalam Pengawasan ini, Menag juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas kiprah Itjen yang telah berkontribusi terhadap pencapaian-pencapaian yang telah diraih oleh Kemenag sepanjang tahun 2016 dan 2017.

“Beberapa capaian di tahun-tahun lalu tahun 2017 dan tahun 2016 itu tentu karena sentuhan dari Itjen sehingga citra Kemenag menjadi lebih baik,” ujar Menag.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed