oleh

Selain Perdalam Ilmu Agama, Ponpes Al – Kahfi juga Tanamkan Jiwa Bisnis pada Santri

KEBUMEN, BeritaSantri.com – Tak hanya mempelajari kitab kuning, santri – santri di pondok pesantren salaf tertua se Asia Tenggara ini juga dibekali berbagai ilmu berbisnis, seperti berdagang, bertani, beternak dan pertukangan. Ilmu berbisnis ini diajarkan kepada santri – santri guna membekali mereka dalam menghadapi persaingan ekonomi di luar sana ketika mereka terjun ke lingkungan masyarakat.

“Menimba ilmu itu tidak harus dengan mempelajari kitab – kitab, membaca buku, atau mendengarkan pengajian, tetapi dengan kami ta’dim (nderek dawuh) pada guru, kami mengharap barokah ilmu dari Beliau,” ujar Ustz. Devi Khotijah salah satu santri Pondok Pesantren (Doktern) Al-Kahfi saat ditemui di Komplek Pondok Putri, Rabu (11/07/2018).

Ilmu berbisnis ini diajarkan kepada santri – santri guna membekali mereka dalam menghadapi persaingan ekonomi diluar sana ketika mereka terjun ke lingkungan masyarakat. Doktren Al-Kahfi juga memiliki usaha sendiri yang menyediakan berbagai kebutuhan para santri, seperti butik, koperasi, foto copy, warnet, Al-Kahfi Bakery & Catering, depot air mineral, peternakan ayam bertelur, dan masih banyak lagi.

“Sebisa mungkin santri dapat difasilitasi dalam mengembangkan bakatnya di doktren ini, jadi ketika ia sudah siap terjung ke lingkungan masyarakat mereka sudah memiliki bekal,” ungkap Ustz. Umi Maghfirotin ketua kepengurusan Doktren Al-Kahfi. (Mufatikhatur Rofiqoh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed