oleh

MKNU Ke-60 Digelar di Pesantren Paling Bersejarah di Indonesia

PBNU menggelar Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) angkatan ke-60 di Pondok Pesantren Paling Tua di Indonesia, Alkahfi Somalangu. MKNU dibuka oleh Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PBNU KH. Sultonul Huda. Kegiatan MKNU kali ini merupakan kegiatan pengkaderan ke-4 di Jawa Tengah.

Sulton menjelaskan, MKNU merupakan syarat seorang kader NU untuk menjadi pengurus NU di berbagai tingkatan. Hal ini merujuk Anggaran Dasar NU yang ditelurkan dalam Muktamar Ke-33 NU di Jombang, 2015 lalu. Menurut Sulthon, tujuan kegiatan tersebut adalah peneguhan ideologi Ahlussunah wal-Jamaah

“MKNU kali ini akan menghasilkan output yang dirumuskan bersama oleh seluruh peserta dalam bentuk program kerja yang terukur,” paparnya dalam pembukaan MKNU ke-60, Senin, (17/09/2018)

Selain itu, lanjutnya, MKNU diselenggarakan juga untuk peningkatan kapasitas instruktur dan narasumber yang nantinya bertugas melaksanakan kaderisasi di seluruh tingkatan. Ia menambahkan, metode yang digunakan dalam pengkaderan ini adalah dengan penyampaian input (pengantar) oleh narasumber yang kompeten. Kemudian dilanjutkan dengan pendalaman materi yang akan difasilitasi oleh Instruktur yang mumpuni.

“Pada akhir pembahasan pendalaman akan diambil sebuah rumusan strategi untuk penguatan dan pengembangan, hingga implementasi gerakan,” katanya.

Beberapa materi yang akan disampaikan dan pokok bahasan dalam MKNU adalah “Arah, Cita–cita dan Strategi Perjuangan NU 2015 -2026”, “Relasi NU terhadap Perkembangan Ideologi dan Gerakannya”, “Relasi dan Respon NU Terhadap Negara”, “Arah, Cita-cita dan Program Perjuangan NU 2015-2020”, “Strategi Pembangunan dan Pemberdayaan Ekonomi NU.

Kegiatan MKNU ke-60 yang diselenggarakan di pesantren paling bersejarah di Asia Tenggara ini diikuti oleh ratusan peserta, diantaranya sejumlah pengasuh-pengasuh pesantren, Pengurus MWC-MWC yang ada di Kebumen dan lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed