Ma’ruf Amin Kenalkan Program 3A di Hadapan 20.000 Santri dan Kiai Kaltim

  • Whatsapp

BALIKPAPAN – 20.000 kiai dan santri mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Calon Presiden Presiden Jokowi-KH Ma’ruf Amin, di Stadion Dome, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (21/3/2019) siang.

Rombongan Kiai Ma’ruf tiba di lokasi sekitar pukul 14.00 WITA. Turut mendampinginya sang istri Nyai Wury Estu Handayani. Ribuan relawan langsung mengerumuni Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) 2015-2018 ini. Mereka tampak berebut menyalaminya.

Deklarasi dukungan dibacakan oleh KH. Mukhlasin, ulama Balikpapan. Deklarasi diikuti oleh 20.000 peserta.

“Pertama JKSN dan Aliansi Masyarakat Kalimantan Timur akan berjuang mempertahankan, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, serta mewujudkan cita-cita proklamasi 1945 dalam bingkai NKRI berdasarkan Pancasila serta UUD 1945,” kata KH. Mukhlasin saat membacakan deklarasi.

Deklarasi point kedua, masih dibacakan KH. Mukhlasin, yaitu Berjuang menjaga dan menguatkan NKRI yang tegak, adil, seimbang, toleran, serta mewujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa.

“Tiga berjuang memenangkan Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin dalam Pilpres pada 17 April 2019 dengan cara yang benar santun dan bermartabat,” pungkas KH. Mukhlasin.

Sementara, dalam sambutannya Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin mengenalkan program 3A di Balikpapan, Kalimantan Timur. Program tersebut untuk membuka berbagai kursus pelatihan.

“Kita akan bikin kursus-kursus, saya nyebutnya 3A, tiga akses. Yaitu akses untuk pintar, akses untuk cakap, akses untuk bugar,” ujar Ma’ruf di Hotel Novotel, Balikpapan, Kamis (21/3).

‘A’ yang pertama, Ma’ruf menawarkan bakal membuka kursus-kursus kepintaran. Misalnya, kursus matematika, atau kursus bahasa.

‘A’ kedua fokus untuk kursus pemberian keterampilan. “Kemudian ada kursus-kursus kecakapan misalnya barista kopi, cara bikin kopi, misalnya jadi seorang fotografer, kursus seni, bikin roti nanti itu ada,” jelas Ma’ruf.

Kursus terakhir adalah fokus untuk olahraga. Kata Ma’ruf kursus ini bagus untuk orang-orang tua yang ingin kembali bugar.

“Semuanya gratis nanti pemerintah yang akan bayar,” sebut Ketum MUI itu.

Adapun bentuk 3A ini adalah sebuah aplikasi marketplace. Peserta yang mengikuti kursus tersebut bakal mendapatkan sertifikat.

“Kalau sudah lama, dapat sertifikat bisa buka usaha sendiri, bisa bekerja jadi pengusaha, usaha-usaha sehingga tidak ada lagi orang menganggur,” ucapnya.

Memulai safari politik di Kalimantan Timur, Ma’ruf Amin menghadiri silahturahmi jaringan kiai, santri, dan aliansi masyarakat Kaltim. Ma’ruf juga menerima deklarasi dukungan dari sejumlah kelompok masyarakat.

“Ini saya kira mencerminkan kelompok-kelompok masyarakat di Kaltim, khususnya di balikpapan, semua agama dan suku bersatu mendukung nomor satu. Ini terima kasih,” kata Mustasyar PBNU itu.

 

 

Pos terkait