Fatayat NU Kebumen: Sampah Masker dan Plastik Meningkat Ditengah Pandemi

  • Whatsapp

Dalam pelatihan “Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga dan Pekaranga di Masa Pandemi” yang digelar oleh PC Fatayat NU Kebumen, terungkap bahwa di masa pandemi sampah justru meningkat. Terutama sampah masker dan plastik. Diketahui, Indonesia menghasilkan sampah per tahunnya 64 juta ton.

Disampaikan oleh Alfia Diananita Zulfa, ST., MT.,  M.Sc., Kepala Kantor Lingkungan Hidup, Indonesia sebagai pembuang sampah terbesar di dunia yang dibuang ke laut. Tentu kondisi ini diperlukan kerjasama yang baik di tengah masyarakat.

“Sampah ini mencemari ekosistem laut, yang menyebabkan ikan yang tadinya bagus dikonsumsi jadi tidak baik untuk dikonsumsi,” kata Alfia Diananita Zulfa, SR., MT., dalam pelatihan ini, Minggu, (15/11/2020).

Diketahui, dilaksanakannya kegiatan ini oleh PC Fatayat NU, yang saat ini dinahkodai Siti Mardiyah ini, sebagai salah satu ikhtiar mencarikan solusi problematika pangan di tengah pandemi. Melalui pelatihan yang diselenggarakan di gedung PC Muslimat NU Kebumen ini, diharapkan pelatihan bisa diserap oleh peserta. Dengan diimplementasikan nantinya, diharapkan bisa membantu menopang kebutuhan rumah tangga.

Terlihat hadir dalam acara ini Kepala Kantor Lingkungan Hidup Alfia Diananita Zulfa, ST., MT., M.Sc., Kepala Kesra Kab. Kebumen H. Wahib Tamam, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Kebumen, Kristiana Marahastuti, SP., MM., Kepala Bidang Ketahanan Pangan di Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Kebumen. Terlihat juga Malik Ibrahim, S.Ag. selaku praktisi pemanfataan limbah dan pekarangan.

Pos terkait